Google Analytics

Hasil google analytics untuk web toko beras adep, url : Tokoberasadep.my.id


 

 

 

 

 

 

Google Analytics adalah perangkat lunak (software) berbasiskan web yang digunakan untuk menganalisis kinerja website: melacak, melihat umur, dan mengetahui jumlah pengunjung. Tidak hanya itu, masih banyak lagi fitur Google Analytics yang bisa Anda manfaatkan.

Analisis yang dilakukan di Google Analytics dapat dijadikan sebagai bahan untuk merencanakan serta membuat konten yang lebih baik untuk pelanggan (customers). Jadi Google Analytics bisa menjadi pintu untuk Anda mengembangkan situs web yang lebih menarik dan menjawab kebutuhan pasar.

Pengunjung yang berhubungan langsung dengan internet pasti mempunyai identitas. Identitas ini digunakan internet (penyedia ISP, DNS, dan lain sebagainya) untuk mengetahui beberapa data pengguna internet, seperti alamat Internet Protocol (IP), lokasi, jenis perangkat, beberapa aktivitas, dan lain sebagainya. Ini tentu saja dimanfaatkan juga oleh beberapa penyedia layanan berbasis online untuk mengenali pelanggannya.

Sebagai contoh, informasi yang bisa didapatkan oleh Google Analytics seperti kata kunci (keywords) apa saja yang banyak menarik pengunjung, bagaimana tingkah laku pengunjung website (behaviour), apa perangkat yang digunakan oleh pengunjung, dan lain sebagainya.

Melalui beberapa fungsi itu Anda dapat dengan mudah membuat laporan dan memprosesnya secara cepat dengan tampilan yang mudah digunakan dan laporan yang dapat dibagikan dengan mudah.

Memantau Data Pengunjung Real Time

Menu Real Time pada Google Analytics menunjukkan jumlah pengunjung dan halaman mana saja yang sedang dikunjungi pada saat itu.

Cara Menggunakan Fitur Real Time Google Analytics 

Fitur ini membantu untuk menentukan jam-jam di mana website lebih ramai dikunjungi. Dengan memiliki data tentang aktivitas pengunjung, kami dapat mengoptimalkan jadwal publikasi konten dan pengadaan promo terbatas pada waktu-waktu tersebut.

Overview

Pada menu Realtime > Overview, kamu dapat melihat metrik-metrik seperti di bawah ini:

  • Jumlah pengunjung saat itu

  • Perangkat pengunjung (desktop atau mobile)

  • Jumlah tampilan halaman per menit

  • Situs referral paling populer

  • Referral media sosial paling populer

  • Keyword teratas

  • Halaman aktif teratas

  • Lokasi pengunjung teratas

Data di atas akan membantu kami memonitor traffic website kami secara sekilas dan akurat. Untuk data lebih lengkapnya, kami dapat mengunjungi sub-menu spesifik seperti di bawah ini:

1. Locations

Sub-menu ini menunjukkan data real-time mengenai lokasi pengunjung website. Menu utama akan menayangkan data geografis berbentuk negara. Kami juga dapat melihat data geografis berupa kota dengan meng-klik nama negara.

2. Traffic Sources

Sub-menu ini menunjukkan sumber traffic website yang dibagi menjadi beberapa kategori seperti: organik, iklan (CPC), sosial, referral, dan banner. Seperti pada menu lainnya, kami dapat melihat informasi yang lebih spesifik dengan meng-klik masing-masing sumber traffic.

3. Content

Pada sub-menu ini, kami dapat melihat konten mana saja yang sedang dikunjungi saat ini beserta jumlah pengunjungnya. Kami juga dapat melihat sumber traffic dari masing-masing konten dengan meng-klik URL konten tersebut.

Komentar