Manfaat Teknologi Informasi untuk Mencapai Keunggulan Kompotitif bagi Perusahaan



Sebelum membahas lebih jauh tentang Manfaat Teknologi Informasi untuk Mencapai Keunggulan Kompotitif bagi Perusahaan, apakah pengertian dari Teknologi Informasi itu sendiri? Teknologi informasi adalah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.
            Lalu, setelah mengetahui pengertian dari teknologi informasi, apa itu keunggulan kompetitif? Keunggulan kompetitif adalah keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan dimana keunggulannya dipergunakan untuk berkompetisi dan bersaing dengan perusahaan lainnya untuk meningkatkan value (nilai) perusahaan baik dari segi citra perusahaan maupun dalam hal peningkatan laba perusahaan. Dalam upaya mencapai keunggulan kompetitif,, perusahaan harus menghadapi tantangan bahkan tekanan-tekanan dari dalam (internal) dan dari luar (eksternal) perusahaan. Salah satu pendekatannya adalah bagaimana mengefektifkan potensi sumberdaya yang ada, bisa melalui peningkatan kualitas produk dan layanan kepada pelanggan. Satu hal yang tidak selalu terlihat adalah fakta bahwa sebua perusahaan juga akan dapat mencapai keunggulan kompetitif melalui penggunaan sumber daya virtualnya. Keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan pengungkitan di dalam pasar. Maka dari itu, perusahaan memanfaatkan teknologi informasi karena dianggap sangat bermanfaat dan sangat diperlukan pada saat ini ataupun masa mendatang

Manfaat teknologi informasi bagi perusahaan, antara lain sebagai berikut.
1. Akan meminimalkan biaya bisnis proses, baik dalam hubungannya dengan konsumen maupun supplier dan juga meminimalkan biaya operasional dan produksi
2. Meningkatkan service / layanan yang diberikan kepada pelanggan, karena pelanggan bisa memanfaatkan teknologi informasi dengan sebaik-baiknya.
4. Inovasi produk dengan melibatkan teknologi informasi sebagai medianya, akan menciptakan pasar dengan strategi yang baru.
5. Dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi serta mempersingkat waktu dalam melayani pelanggan, karena teknologi informasi bisa menggantikan peran manusia dalam waktu 24 jam.
6. Dapat digunakan untuk pengembangan bisnis (business development), mengatur bisnis secara regional dan global serta memudahkan komunikasi dan mempercepat pengambilan suatu keputusan karena adanya email atau teleconference.


Keunggulan kompetitif juga dapat direalisasikan dalam hal mendapatkan keunggulan strategis, taktis, maupun operasional. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut.
-        Pada tingkat manajerial yang tertinggi, teknologi informasi dapat digunakan untuk mengubah arah sebuah perusahaan dalam mendapatkan keunggulan strategisnya.
-        Pada tingkat kendali manajemen (menengah), manajer dapat memberikan spesifikasi mengenai rencana strategis yang akan diimplementasikan, sehingga akan menciptakan keunggulan taktis, dan

-        Pada tingkat kendali operasional (lebih rendah), manajer dapat menggunakan teknologi informasi dalam berbagai pengumpulan data penciptaan informasi untuk memastikan efisiensi operasi, sehingga akan mencapai keunggulan operasional.

Komentar